Senin, 07 Mei 2018

Festival Golok Cilegon 2018

Post oleh : Unknown | Rilis : Mei 07, 2018 | Series :

Cilegon – minggu 06/05/18
Agenda tahunan yang rutin di gelar di Kota Baja ini ada yang lain dan istimewa dari biasanya,dengan suasana dan nuansa yang berbeda. Kota Baja yang terus berbenah diri ini menyuguhkan Pesta Budaya Rakyat atau Masyarakat dengan terselenggaranya GOLOK DAY CEGON di tengah Alun alun Kota yang Anyar rampung pembangunan dan penataannya,di sediakan dan disuguhkan oleh Pemerintah setempat yang paham dan mengerti dengan keinginan masyarakatnya,Alun alun tersebut berfungsi sebagai tempat berkumpulnya masyarakat dalam berbagai kegiatan.
Begitu pula dengan kegiatan agenda tahunan “GOLOK DAY CILEGON”, berlangsung dengan semarak dan meriahnya, dimulai dari arak arakan kendaraan hias bernuansa budaya Nusantara yang kental menyusuri jalan kota menuju Alun alun sebagai Central acara Budaya kota Cilegon-Banten yang Majemuk dan Multi Etnis seperti kota kota lainnya di Nusantara


Adalah Bapak Jamhari Sakti Sang Empu Kenamaan dari kota Cilegon menyuguhkan demo Pembuatan dan Tehnik Tempa Golok buatanya Golok Khas Cilegon yang istimewa Golok Cilegon hasil karya tangan Trampil Empu Jamhari Sakti ini mempunyai ciri yang berbeda dari kebanyakan Empu lainnya.



Kemeriahan dan Kesemarakan acara GOLOK DAY ini Juga karna di dukung oleh banyak pihak,dari Pemerintah setempat dan instansi terkait lainnya dan juga para tamu Undangan yang hadir dari berbagai kota di sekitarnya bahkan tamu dari Mancanegara,”GOLOK DAY CILEGON” juga Pestanya para BUDAYAWAN dan PESILAT,Pesilat bebas menampilkan Jurus jurus Silatnya di tengah panggung besar yang telah di sediakan,juga Para Pesilat bebas menghunus dan mengacung acungkan Goloknya.
Hadir pula peserta GOLOK DAY perwakilan dari KAMPUNG SILAT JAMPANG ZONA MADINA (KSJ-ZM), perwakilan dari LEMBAGA TATAR SUNDA, untuk mempertontonkan Kemahiran SILAT dan Permainan Goloknya, diantara Perguruan Silat KAMPUNG SILAT JAMPANG (KSJ-ZM) yang ikut ambil bagian dalam kemeriahan pestanya Pesilat ini di antaranya, P.S.HMI,P.S.SERA BONGKAR KANDANG, P.S.GERAK PASEBAN, P.S.GAGAK LUMAYUNG, P.S.MATA HATI, P.S.SABANDAR BABEH MALIK, P.S.CINGKRIK GONING T.B BAMBANG, P.S.SABENI, P.S.SALAKA MACAN PUTIH, P.S.BEKSI MERAH DELIMA INDONESIA (BMDI),B eksi Merah Delima Indonesia menampilkan gerak Silat Khasnya di wakili oleh murid Seniornya WAHYUDI/YUDI yang juga seorang Aktor di Film Laga Nasional yang ikut peran dalam Film Laga “THE TEEN SICRET MISSION” dan Film “BADIK”.
dalam acara GOLOK DAY kali ini juga di hadiri oleh pesilat- pesilat mancanegara atau Pesilat dari Negri Sahabat, tampak Pesilat dari Malaysia, Amerika, Belanda, Kanada, Swedia dll dan juga di meriahkan dengan hadirnya Bintang Tamu Seorang Aktor Film Laga Nasional “Kang. CECEP RAHMAN” Aktor dalam Film “TREE FIGHTER” ikut turun ke pentas panggung besar dengan jurus jurus Silat yang begitu mahir dan mantap di peragakanya.
Adapun Ki. EDI SALAKA Guru Besar P.S.SALAKA MACAN PUTIH yang juga Ketua dari Komunitas SILAT SATRIA TATAR SUNDA Mewakilkan Gerakan atau Jurus Jurus Silatnya kepada Murid Senior Perguruan yaitu A.Fajar Azhari.
Harapan para Pesilat dan Budayawan kiranya Acara ini agar terus dapat dilangsungkan dan diselenggarakan setiap tahunnya dan “GOLOK DAY NUSANTARA” ini sebagai ajang kompetisi kreasi Budaya GOLOK dan Sarana Untuk Menjaring Wisatawan baik wisatawan lokal dan mancanegara.

Ki Edi Salaca, Umarudin/ Red

http://meteorpublik.com/festival-golok-cilegon-2018/

google+

linkedin